Memaafkan Diri Sendiri


Beberapa saat lalu ada yang bertanya kepada saya di media sosial. "Dokter, apa yang perlu saya lakukan ketika ada teman saya yang terus menyalahkan diri sendiri?". Saya kemudian sibuk mencari buku dan penelitian tentang memaafkan diri sendiri, dan tiba tiba inilah yang saya temukan....


Saya menemukan berbagai tulisan tentang memaafkan diri sendiri itu demikian baik. Saya diingatkan untuk melihat segala sesuatu sebagaimana adanya, tidak semua hal buruk terjadi karena saya, sekalipun saya bersalah namun saya berhak memberi diri saya kesempatan, melepaskan masa lalu dan menatap masa depan, keuntungan dari memaafkan, dan banyak lagi. Semuanya baik, semuanya membantu saya memaafkan diri sendiri, namun saya tetap belum memaafkan diri sendiri.

Saya menyadari sesuatu dalam pencarian penelitian dan literatur tentang memaafkan diri sendiri, saya telah memulai mencari dengan cara yang salah. Cara saya memaafkan diri sendiri tidak bisa dimulai dengan mencari keluar, saya harus mencarinya kedalam. Saya baru bisa memaafkan diri sendiri ketika saya mampu melakukan perjalanan kedalam diri, melihat sebagaimana adanya diri ini, dan memeluk diri dengan cinta kasih. 

Perjalanan memaafkan diri sendiri dimulai dari kemauan untuk masuk kedalam diri dan menerima diri.

Memaafkan diri sendiri dimulai dari keberanian untuk bertemu dengan sang pelaku, yaitu diri ini. Keberanian untuk melihat dia seperti melihat makhluk lain dengan cara yang sama, dengan penuh kasih. Keberanian untuk memberikan dia hadiah yang kita juga berikan untuk orang lain, kesempatan. Keberanian untuk berani melepaskan yang sudah terlewat, masa lalu. Keberanian untuk mengenali diri dengan segala kesalahannya, dan keberanian untuk menyayangi diri dengan segala kebaikannya.

Memaafkan diri sendiri adalah perjalanan panjang dan berat. Terkadang kita tergoda untuk menyudahi perjalanan ini. Kita merasa bahwa kita sudah tidak layak, kita tidak pantas, kita tidak mampu sampai kepada tujuan itu. Namun memaafkan dan dimaafkan itu bukan tentang layak, pantas, atau benar. Memaafkan dan dimaafkan itu tentang keberanian melepaskan diri dari segala jerat yang kita pasang untuk melukai diri. Memaafkan dan dimaafkan itu tentang keberanian kita mencabut segala bentuk jebakan yang kita pasang untuk melukai diri sendiri, dan mengijinkan diri kita merdeka. Merdeka dari rasa bersalah, dari diri kita sendiri.

Forgive yourself
You deserve it

Tidak ada komentar